Tags

, , , ,

(Sambungan)

Wasiat Lukman al-Hakim kepada Anaknya.

Pelajaran yang Bisa Diambil dari Ayat-ayat di Atas

  1. Disyariatkan bagi orangtua untuk memberikan wasiat kepada anak-anaknya dengan apa-apa yang bermanfaat baginya di dunia dan di akhirat.
  2. Dalam memberikan pelajaran dituntunkan mendahulukan perkara tauhid dan memperingatkan dari syirik, karena syirik merupakan kezaliman yang akan menghapuskan amalan.
  3. Wajibnya bersyukur kepada Allah kemudian kepada kedua orang tua. Juga wajibnya berbakti serta menyambung silaturahim dengan keduanya.
  4. Wajibnya taat kepada orangtua dalam hal yang baik, bukan maksiat kepada Allah, karena Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda:Tidak ada ketaatan kepada seseorang di dalam kemaksiatan kepada Allah, sesungguhnya ketaatan itu hanya dalam hal yang makruf (HR. Albukhari)
  5. Wajibnya mengikuti jalan orang-orang yang beriman dan bertauhid serta haramnya mengikuti ahlul bidah yang merekayasa syariat baru dalam agama.
  6. Merasa diawasi oleh Allah Ta’ala dalam keadaan sendiri ataupun di tengah orang banyak, dan tidak boleh menganggap remeh kebaikan dan kejelekan meskipun sedikit atau kecil.
  7. Wajibnya mendirikan salat dengan rukun-rukunnya dan kewajiban-kewajibannya serta tumakninah padanya.
  8. Wajibnya amar makruf nahi mungkar yang bersumber ilmu disertai kelembutan sesuai dengan kemampuannya. Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa di antara kalian melihat kemungkaran, hendaklah dia ubah dengan tangannya. Jika tidak mampu, maka dengan lisannya. Jika tidak mampu, maka dengan hatinya. Dan itu adalah selemah-lemahnya iman. (HR. Muslim)
  9. Orang yang beramar makruf nahi mungkar hendaknya bersabar tatkala ada gangguan yang dia dapatkan, karena hal itu merupakan sesuatu yang diwajibkan.
  10. Haramnya takabur dan angkuh dalam berjalan.
  11. Dituntunkan pertengahan dalam berjalan, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
  12. Tidak boleh mengeraskan suara melebihi kebutuhan, karena hal itu termasuk kebiasaan keledai.
  13. Bersikap pertengahan pada setiap perkara.

***

Advertisements