Tags

, , , , , , , , , , ,

الحديث السادس

Hadits Keenam

 

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللَّهِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: سَمِعْت رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه و سلم يَقُولُ:

Dari Abu Abdillah An-Nu’man bin Basyir semoga Allah meridai keduanya, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda:

“إنَّ الْحَلَالَ بَيِّنٌ، وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ، وَبَيْنَهُمَا أُمُورٌ مُشْتَبِهَاتٌ لَا يَعْلَمُهُنَّ كَثِيرٌ مِنْ النَّاسِ،

Sesungguhnya perkara yang halal itu jelas, dan sesungguhnya perkara yang haram itu jelas, dan di antara keduanya ada perkara yang meragukan, kebanyakan manusia tidak mengetahui perihalnya.

فَمَنْ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ فَقْد اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ وَعِرْضِهِ، وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الْحَرَامِ،

maka barangsiapa yang menjauhi perkara meragukan, maka sungguh dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya, tetapi barangsiapa yang jatuh kepada perkara meragukan, maka dia akan jatuh kepada yang diharamkan.

كَالرَّاعِي يَرْعَى حَوْلَ الْحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيهِ، أَلَا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى، أَلَا وَإِنَّ حِمَى اللَّهِ مَحَارِمُهُ،

Sebagaimana seorang penggembala yang menggembala di sekitar kawasan terlarang dikhawatirkan gembalaannya akan masuk ke dalamnya. Maka sesungguhnya setiap raja memiliki kawasan terlarang, dan sesungguhnya kawasan terlarang yang dimiliki Allah adalah apa-apa yang Dia haramkan.

أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، وَإذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ، أَلَا وَهِيَ الْقَلْبُ”.

Sesungguhnya di dalam jasad terdapat segumpal daging. Apabila daging baik maka baik pula jasad seluruhnya, dan apabila daging itu rusak maka rusak pula jasad seluruhnya. Sesungguhnya daging itu adalah jantung.

[رَوَاهُ الْبُخَارِيُّ]
، [وَمُسْلِمٌ]

Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim

Advertisements