Tags

,

(Sambungan)

ثم ما وقع من غريب الأسماء واللغات في الأبواب أفرده بالشرح، والضبط الوجيز،الواضح على ترتيب وقوعه في باب في آخر الكتاب.

Kemudian, jika ada nama-nama asing atau bahasa yang susah, saya jelaskan secara tersendiri, dengan ringkas, sesuai urutan kemunculannya, pada bab di akhir kitab ini.

ليكمل انتفاع صاحبه، ويزول الشك عن طالبه، ويندرج في ضمن ذلك، وفي خلال الأبواب جمل من القواعد، ونفائس من مهمات الفوائد

Agar membantu pembacanya, dan menghilangkan keraguan bagi yang memelajarinya. Dan saya masukkan ke dalamnya, bab-bab yang berisi kaidah-kaidah dan faedah-faedah yang penting dan berharga.

وبين الأحاديث الصحيحة و الضعيفة مضافات إلى من رواها من الأئمة اﻷثبات. وقد ذهلوا عن نادر من ذلك في بعض الحاﻻت.

Dan juga di antara hadits-hadits sahih dan daif yang disandarkan kepada periwayat dari para imam yang tepercaya. Karena dalam beberapa kasus perkara itu jarang diketahui dan mengejutkan.

واعلم ان العلماء من الحديث وغيرهم جوزوا العمل بالضعيف في فضائل الأعمال ومع هذا، فإني أقتصر على الصحيح، فلا أذكرالضعيف إلا في بعض اﻷحوال

Ketahuilah bahwa para ulama bidang hadits dan selain mereka membolehkan beramal dengan hadits daif dalam keutamaan beramal, dan bersamaan dengan ini maka saya berusaha mencukupkan pada yang sahih-sahih saja, dan tidak menyebutkan hadits daif kecuali dalam sebagian perihal.

و على الله الكريم توكلي واعتمادي، وإليه تفويضي واستنادي، وأسأله سلوك سبيل الرشاد، والعصمة من أهل الزيغ والعناد، والدوام على ذلك  وغيره من الخير في ازدياد

Hanya kepada Allah yang Mahamulia saya bertawakal dan percaya, dan kepada-Nya saya berserah dan bersandar. Dan saya memohon kepada-Nya untuk menempuh jalan orang-orang yang diberi petunjuk, dan perlindungan dari orang-orang yang dengki dan durhaka, serta mendawamkan saya atas hal itu dan selainnya serta menambahkan kepada saya kebaikan.

وأبتهل إليه – سبحانه – أن يوفقني لمرضاته، وأن يجعلني ممن يخشاه ويتقيه حق تقاته، وأن يهديني بحسن النيات، وييسر لي جميع أنواع الخيرات، ويعينني على أنواع المكرمات،

Dan saya berdoa kepada-Nya – yang Mahasuci – agar Dia membimbing saya kepada keridaan-Nya, agar Dia menjadikan saya orang yang takut kepada-Nya dan bertakwa kepada-Nya dengan sebenar-benar takwa, agar Dia menunjuki saya dengan niat yang baik, dan memudahkan bagi saya semua usaha kebaikan, dan menolong saya dalam memperoleh kemuliaan.

ويديمني على ذلك حتى الممات، وأن يفعل ذلك كله بجميع أحبابي، وسائر المسلمين والمسلمات، 

Dan mendawamkan saya di atas itu sampai kematian menjemput, dan agar saya melakukan semuanya itu karena saya mencintainya, dan bagi seluruh kaum muslimin dan muslimat.

و حسبي الله ونعم الوكيل، ولا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم.

Dan cukup bagi saya Allah sebaik-baik tempat meminta dan pemberi pertolongan, dan tidak ada daya dan upaya melainkan dengan izin Allah yang Mahatinggi dan Mahaagung.

(Bersambung, insya Allah)

