Tags

, ,

(Sambungan)

وقد رأيت جمع أربعين أهم من هذا كله؛ وهي أربهون حديثا مشتملة على جميع ذلك، 

Saya telah bersungguh-sungguh mengumpulkan empat puluh hadits yang paling penting dari ini semua; yaitu empat puluh hadits yang mencakup semua masalah tersebut,

وكل حديث منها قاعدة عظيمة من قواعد الدين قد وصفه العلماء بأن مدار الإسلام عليه، أو هو نصف الإسلام أو ثلثه أو نحو ذلك.

Dan setiap hadits darinya merupakan kaidah yang agung dari kaidah-kaidah agama yang telah dijelaskan oleh para ulama bahwa pembahasan Islam berkisar padanya, atau merupakan separuh dari Islam atau sepertiganya atau lebih.

ثم ألتزم في هذه اﻷربعين أن تكون صحيحة، ومعظمها في (( صحيحي البخاري و مسلم ))، وأذكرها محذوفة اﻷسانيد؛ ليسهل حفظها، ويعم الانتفاع بها إن شاء الله تعالى، ثم أتبعها:  باب في ضبط ألفاظها.

Kemudian saya berkomitmen dalam kumpulan empat puluh hadits ini untuk mengumpulkan hanya yang sahih, kebanyakannya dari Sahih Al-Bukhari dan Muslim, dan saya menyebutkannya dengan tanpa sanad; untuk memudahkan dalam menghafalnya, dan untuk manfaat yang lebih luas, insya Allah. Kemudian saya susulkan dengan bab yang membahas kata-kata samar darinya.

وينبغي لكل راغب في اﻵخرة أن يعرف هذه اﻷحاديث؛ لما اشتملت عليه من المهمات، واحتوت عليه من التنبيه على جميع الطاعات، وذلك ظهر لمن تدبيره.

Dan semestinya setiap orang yang mengingini kebaikan akhiratnya untuk mengetahui hadits-hadits ini; karena itu termasuk misi hidupnya, yang berisi peringatan tentang semua bentuk ketaatan, dan hal itu adalah jelas bagi siapa yang mengambil pelajaran.

وعلى الله اعتمادي، وإليه تفويضي واستنادي، وله الحمد وانعمة، وبه التوفيق والعصمة.

Dan hanya kepada Allah saya bergantung, dan kepada-Nya saya berserah diri dan memohon jalan petunjuk, dan bagi-Nya segala puji dan rahmat, yang memiliki taufik dan kesempurnaan.

***

(Bersambung, insya Allah)

Advertisements