Tags

, , ,

(Sambungan)

الثامن: مظاهرة المشركين، ومعاونتهم على المسلمين، و الدليل قوله تعالى:

Yang kedelapan: Melindungi orang-orang musyrik, dan membantu mereka untuk memerangi kaum muslimin, dalilnya adalah firman Allah ta’ala:

وَمَنْ يَتَوَلَّهُمْ مِنْكُمْ فَإِنَّهُ مِنْهُمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

Barangsiapa diantara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.” (QS 5: 51)

التاسع: من اعتقد أن بعض الناس يسعه الخروج عن شريعة محمد صلى الله عليه وسلم، كما وسع الخضر الخروج عن شريعة موسى عليه السلام، فهو كافر

Yang kesembilan: Barang siapa berkeyakinan bahwa sebagian manusia dibolehkan keluar dari syariat Muhammad sallallahu alaihi wasallam, sebagaimana bolehnya Khidir keluar dari syariat Musa alaihi salam; maka dia kafir.

العاشر: اﻹعراض عن دين الله تعالى لا يتعلمه ولا يعمل به، و الدليل قوله تعالى:

Yang kesepuluh: Berpaling dari agama Allah ta’ala, tidak mempelajarinya dan tidak beramal dengannya. Dalilnya adalah firman Allah:

وَمَنْ أَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِآيَاتِ رَبِّهِ ثُمَّ أَعْرَضَ عَنْهَا ۚ إِنَّا مِنَ الْمُجْرِمِينَ مُنْتَقِمُونَ

Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, kemudian ia berpaling daripadanya? Sesungguhnya Kami akan memberikan pembalasan kepada orang-orang yang berdosa.” (QS 32: 22)

ولا فرق في جميع هذه النواقض بين الهازل والجاد والخائف، إلا المكره

Dan tidaklah ada perbedaan hukum dalam semua pembatal-pembatal keislaman ini antara yang main-main, yang sungguh-sungguh, maupun yang ketakutan, kecuali yang dipaksa.

وكلها من أعظم ما يكون خطرا، ومن أكثر ما يكون وقوعا، فينبغي للمسلم أن يحذرها ويخاف منها على نفسه.

Dan semua itu adalah yang paling patut dikhawatirkan dan paling sering terjadi. Maka hendaklah bagi setiap muslim menghindarinya dan takut hal-hal itu menimpa pada dirinya.

نعوذ بالله من موجبات غضبه، وأليم عقابه، وصلى الله على خيرخلقه محمد، وآله وصحبه وسلم.

Kita berlindung kepada Allah dari hal-hal yang mendatangkan kemurkaan-Nya dan kepedihan hukuman-Nya. Salawat dan salam dari Allah semoga tercurah kepada sebaik-baik makhluk, Muhammad, dan kepada keluarganya dan para sahabatnya.

***

Selesai

Advertisements